Baju Karate

Baju Karate merupakan salah satu perlengkapan yang wajib digunakan saat latihan dan pertandingan beladiri karate. Dalam bahasa Jepang baju karate biasa disebut dengan Dogi. Baju karate ini telah didesain khusus mirip dengan pakaian tradisional Jepang.

Adapun pakaian tradisional Jepang yaitu Kimono. Baju karate bewarna putih dan dengan ikat pinggang atau sabuk dengan warna yang berbeda-beda menurut tingkat karate yang dilakukan oleh orang tersebut.

Sebaiknya pilihlah baju yang berbahan adem agar selalu nyaman saat dipakai untuk melakukan bela diri karate baik dalam latihan maupun pertandingan. Nah dalam 1 set baju karate terdiri dari baju atau biasa disebut dengan Uwagi dan celana atau biasa disebut dengan Zubon dan ikat pinggang atau Obi.

Baju Karate yaitu Karategi atau Budogi. Nah baju jenis yang pertama ini sudah banyak yang menggunakanya, khususnya untuk cabang seni beladiri karate. Seperti yang kitau bahwa seni beladiri karate merupakan salah satu kesenian yang berasal dari Negara Sakura.

Ketika memakai baju karate tentunya juga memakai sabuk. Nah, sabuk pada baju merupakan salah satu lambang tingkat rendah tingginya orang yang melakukan beladiri karate.

Untuk tingkatan yang pertama yakni menggunakan sabuk bewarna putih, lalu sabur bewarna kuning, kemudian sabuk bewarna oranye, selanjutnya sabuk bewarna hijau, llau sabuk bewarna cokelat dan yang terakhir yakni sabuk bewarna hitam.

Jika para karateka sudah memakai sabuk bewarna hitam, itu tandanya karateka itu memiliki tingkat yang paling tinggi. Nah, sabuk yang digunakan untuk seni beladiri karate yaitu bernama Obi.

Lal bagaimana sih caranya merawat baju karate agar tetap awet dan nyaman ketika Anda pakai? tentunya ada beberapa langkah untuk merawat baju karate.

Cara Merawat Baju Karate Agar Tahan Lama

baju karate

Apapun merk baju karate yang Anda kenakan, tentunya Anda selalu berkeinginan untuk selalu nyaman dan aman pada saat dipakai. Oleh sebab itu, Anda harus ekstra untuk merawat baju karate kesangan Anda.

Berikut beberapa tips untuk merawat baju karate Anda agar tetap awet, nyaman dan tahan lama ketika digunakan:

  1. Jangan Gunakan Air Panas

Yang pertama yakni jangan menggunakan air panas untuk mencuci baju karate Anda. Perlu Anda ketahui bahwa banyak merk baju karate yang terkenal memliki label untuk tidak dicuci menggunakan air panas “Cold Wash Only”.

Penggunaan air panas dalam mencuci pakaian bisa menyebabkan rusaknya kain pada baju karate Anda karena mengalami seringnya mengalami penyusutan serta rapuh. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakanlah air biasa untuk mencuci bajuAnda.

  1. Cuci Secara Berkala

Yang kedua yakni sebaiknya cucilah baju Anda secara berkala , kurang lebih pada setiap 2 atau 3 X  sudah Anda gunakan. Hal tersebut bertujuan untuk bisa menghilangkan kotoran, debu serta warna kuning pada baju.

Jika baju karate yang Anda kenakan sering dicuci, itu juga bisa mengakibatkan warna baju karate Anda menjadi lebih pudar dari sebelumnya. Oleh sebab itu, cucihlah secara berkala agar terhindar dari pudarnya warna baju.

  1. Cuci Baju Secara Terpisah

Yang ketiga yaitu sebaiknya cucihlah baju  Anda secara terpisah. Jangan mencampur dengan baju lainya, apalagi dengan warna yang cerah. Hal ini bertujuan agar baju Anda tidak kelunturan baju lainya.

Nah, jika mencuci baju karate dicampur dengan baju-baju lain dan dengan warna yang berbeda, takutnya nanti baju Anda menjadi baju yang bewarna warni akibat kelunturan abju lainya.

  1. Jangan Pakai Pemutih Pakaian

Yang keempat yaitu sebaiknya hindarilah untuk memakai pemutih pakaian ketika mencuci Baju Anda. Perlu And aketahui bahwa kotoran pada baju  seperti terkena deb, bercak darah, tanaha ataupun kotoran lainya.

Tentunya akan bisa dihilangkan dengan cara emncuci baju  itu dengan menggunakan detergent saja, jadi tidak perlu menggunakan pemutih pakaian. Dengan seringnya menggunakan pemutih pakaian, hal ini juga bisa mengakibatkan rapuhnya pada baju Anda.

  1. Piihlah Detergent Yang Pas

Yang kelima yaitu sebaiknya pilihlah detergent yang pas dan lembut, tentunya tidak memakai pemutih. Jika baju  Anda memiliki noda yang membandel, Anda bisa merendamnya terlebih dahulu dan kemudian dicuci hinga bersih.

Jika Anda mencuci dengan tangan atau idak menggunakan mesin cuci, tentunya memilih detergent yang pas dan lembut menjadi pilihan utama karena jika detergent itu panas dan kasar tentunya juga akan merusak tangan Anda menjadi lecet.

  1. Hindari Memakai Softener Kain

Yang keenam yaitu sebaiknya hindarilah pemakaian softener kain. Jika Anda sering menggunakan softener kain, tentunya hal tersebut dapat menghambat pori-pori dalam kain yang berbahan katun.

Oleh sebab itu, hal itu akan mengakibatkan keringat serta kotoran yang ada pada Baju Karate terhambat sehingga kotoran pada baju tersebut akan susah hilang. Selain itu, hal itu juga bisa merusak serat kain pada baju yang Anda kenakan.

  1. Jangan Memakai Mesin Pengering

Yang ketujuh yaitu hindari untuk memakai mesin pengering setelah mencuci. Banyak baju merk terkenal yang memiliki label “Don’t Use Commercial Dryers”. Itu artinya sangat tidak disarankan untuk memakai mesin pengering setelah mencuci baju

Jika sering menggunakan mesin pengering setelah mencuci, hal tersebut dapat mengakibatkan baju Anda cepat rusak. Jadi, Anda bisa menjemurnya di bawah terik panas matahari agar bisa kering dengan sempurna.

  1. Setrika Baju Karate Dengan Hati-hati

Yang kedelapan yaitu sebaiknya ketika menyetrika baju Anda, berhati-hatilah. Jangan gunakan suhu paling tinggi ketika menyetrika baju yang Anda kenakan. Hal tersebut bisa menyebabkan baju Anda bewarna kuning.

Seringnya menyetrika pada baju juga menyebabkan semakin tipis serat kain pada baju tersebut. Oleh sebab itu, sebaiknya menyetrikalah dengan suhu paling rendah saja.

  1. Jemur Dengan Cara Dibalik

Yang terakhir yaitu sebaiknya ketika  Anda, jemurlah baju dengan cara dibalik agar baju pada bagian luar tetap  bewarna cerah atau putih. Jika hal ini tidak And alakukan, tentunya baju  Anda akan cepat memudar karena seringnya terkena panas terik matahari.

Oleh sebab itu, sangat kami anjurkan untuk membalik baju  Anda pada saat di jemur di bawah terik matahari. Jika baju tersebut tidak dibalik sata menjemur, tentunya baju pada bagian luar arna jauh lebih memudar daripada baju pada bagian dalamnya.

Dengan bahan yang berbeda, tentunya warna atau tekstur kain akan berbeda pula. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah baju dengan bahan yang berkualitas dan gunakan beberapa tips seperti yang kami tuliskan di atas.

Hal tersebut bertujuan agar yang Anda kenakan tetap nyaman, adem, tidak mudah rapuh serta tahan lama. Semoga artikel kali ini berguna bagi Anda, khususnya bagi yang membacanya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Peralatan Karate
Send via WhatsApp