Peralatan Karate

matras karate

Peralatan Karate saat ini memiliki beragam jenis dan fungsi yang berbeda-beda untuk setiap item. Saat ini telah banyak tersedia berbagai merek dan variasi harga yang bisa dengan bebas Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda yang ingin memilikinya.

Sebagai salah satu seni bela diri yang berasal dari Jepang, Karate memiliki peminat yang cukup tinggi mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga orang dewasa sehingga tak heran banyak yang mendirikan tempat latihan olah raga bela diri karate ataupun toko-toko yang menyediakan peralatan karate baik secara offline atau online.

Terdapat empat gaya karate yang utama dalam Karate, yaitu Shotokan, Goju-Ryo, Shito-Ryu, dan Wado Ryu. Selain dari keempat gaya tersebut, terdapat pula gaya lain yang cukup terkenal dan terkemuka di dunia meskipun tidak termasuk ke dalam empat besar WKF, diantaranya yaitu Kyokusin, Shorin-Ryu, dan Uechi-Ryu.

Dalam mempelajari ilmu bela diri Karate, Anda akan mendapatkan latihan-latihan Karate dimana telah terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Kihon (latihan dasar), Kata (latihan jurus), dan Kumite (latihan tanding). Ketiganya perlu dikuasai dengan benar sehingga Anda bisa dengan mudah melalui pertandingan karate.

Bagi Anda yang baru pertama kali mengikuti bela diri karate, cobalah memahami mulai dari tiga latihan Karate tersebut. Karena banyak sekali hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk pertandingan karate. Maka dari itu, berikut akan kami ulas mulai dari penjabaran lanjut latihan-latihan dan perlengkapan untuk mengikuti pertandingan karate.

baca juga Perlengkapan Dan Peralatan Taekwondo 
baca juga Perlengkapan Dan Peralatan Beladiri 
baca juga perlengkapan dan peralatan pencak silat

Pertandingan Karate memerlukan lapangan dengan luas lantai 8×8 meter dan dilapisi papan atau matras yang ada di atas panggung. Ketinggian dari panggung yaitu 1 meter dengan tambahan area pengaman yang tiap sisinya berukuran 2 meter. perlu diketahui bahwa area pertandingan harus rata agar tidak sampai menimbulkan bahaya.

Berbeda pada Kumite Shiai yang menggunakan matras berukuran 10 x 10, dimana terbagi menjadi tiga warna (putih, merah, dan biru). Bagian paling luar merupakan batas dikenakannya pelanggaran. Sedangkan batas kedua merupakan batas peringatan dan bagian paling dalam adalah area yang digunakan untuk bertanding.

Beberapa peralatan yang diperlukan antara lain yaitu pakaian karate beserta sabuknya(merah dan biru), pelindung tangan (Hand Protector), pelindung wajah (face Mask), dan tulang kering (Shin Guard)

Terdapat pula beberapa alat lainnya seperti pelindung gusi (Gum Shield), pelindung tubuh (body protector), dan pelindung selangkangan. Ketiga peralatan ini bukan termasuk peralatan pertandingan yang wajib dikenakan sehingga Anda bisa hanya mengenakannya saat dibutuhkan.

Peralatan lain seperti peluit (untuk arbitrator), seragam wasit (mulai dari baju putih, celana abu-abu, dasi merah, dan sepatu karet berwarna hitam tanpa sol), papan nilai, administrasi pertandingan, serta lampu (merah, hijau, dan kuning) sebagai tanda waktu pertandingan juga sangat diperlukan dalam pertandingan.

Begitulah beberapa ulasan singkat di atas mulai dari pengenalan dasar mengenai apa itu ilmu bela diri Karate dan aliran-alirannya, 3 teknik Karate yang perlu diketahui beserta jenis pertandingan yang bisa Anda ikuti, hingga beberapa hal penting seperti perlengkapan dan peralatan saat melakukan pertandingan Karate.

Semoga dapat bermanfaat dan bisa Anda jadikan salah satu sumber atau referensi pengetahuan terkait ilmu cabang olahraga bela diri dan peralatan Karate, khususnya bagi Anda yang ingin mempelajarinya. Maaf apabila ada kesalahan dan terimakasih.

Facebook
Google+
Twitter
WhatsApp

KLIK DISINI UNTUK DOWNLOAD FILE PDF

KLIK DISINI UNTUK DOWNLOAD MUSIC SPORT

Leave a Reply

Peralatan Karate
Send via WhatsApp